Kamis, 27 Januari 2011

Dekorasi Bunga untuk Suasana Hari Pernikahan

Menurut penelitian bunga juga mengahadirkan energi positif. Keunggulan-keunggulan itulah yang membuat bunga selalu menjadi andalan saat mendekorasi pesta pernikahan.

Saat ini dekorasi bunga tidak lagi terbatas pada jenis bunga dan maknanya. Pemilihan bunga lebih memperhatikan pada warna dan tema yang diinginkan pengantin. “Semua jenis bunga bisa digunakan. Semuanya tergantung tema”, ungkap Bu Angela yang sudah 20 tahun berkecimpung di bidang florist.

Dekorasi bunga untuk pernikahan biasanya menggabungkan 5-6 jenis bunga. Selain itu juga digabungkan dengan daun yang memiliki bentuk yang bagus dan ketahanan yang baik. Daun yang biasa digunakan antara lain daun pandan dan daun ruskus. Dekorasi bunga ini juga dipadukan dengan aksesori lain yang mempercantiknya. Seperti kristal, mutiara, bulu ayam, ranting kecil, bahkan kain jala. Tidak jarang juga dekorasi bunga dipadukan dengan lampu sehingga tampilannya makin eksotis.

Pada pesta pernikahan dekorasi bunga biasanya diletakkan di beberapa tempat yaitu:
  1. Tempat angpau : Bunga yang diletakkan disini lebih simple dan ukurannya tidak terlalu besar. Bunga yang dipakai hanya terdiri dari 1-2 jenis bunga.
  2. Wedding gate : Wedding gate menjadi area transisi pengunjung memasuki tempat pesta. Biasanya ditandai dengan satu gerbang yang dihias dengan kain-kain yang menjuntai. Dekorasi bunga bisa diletakkan di tiang-tiang gerbang.
  3. Standing flower : Standing flower terletak di kanan dan kiri karpet merah. Dekorasi bunga biasa dipadukan juga dengan lighting.
  4. Mini garden : Mini garden biasanya diletakkan di depan pelaminan. Dekorasinya lebih dominan menggunakan tanaman hias. Bisa juga ditambahkan fountain agar tampilan taman lebih hidup.
  5. Pelaminan : Pelaminan adalah tempat utama untuk dekorasi pernikahan. Jenis bunga yang digunakan disini juga lebih banyak. Begitu juga aksesori yang dipakai. Dekorasi bunga bisa dipadukan dengan lampu dan kristal yang cantik.
  6. Meja makan VIP : Meja makan untuk tamu VIP juga tak luput dari dekorasi bunga. Dekorasi bunga yang simpel diletakkan di tengah-tengah meja.
  7. Meja buffee : Dekorasi bunga pada meja buffee biasanya dibuat dengan proporsi yang tinggi. Bunga diletakkan di vas yang tinggi sehingga tetap terlihat meski diletakkan diantara sajian makanan.
Oleh: Devi F. Yuliwardhani
Sumber: ideaonline.co.id
Foto: iDEA/Richard Salampessy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar